Simple



Sistem operasi (bahasa inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya peranngkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk  aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.

Contoh sistem operasi komputer adalah Dos Os, Microsoft Windows OS, Unix OS,  Linux OS, dan Apple Machintosh OS.


1.     Dos Os

 Disk Operating System (disingkat DOS) adalah keluarga sistem operasi  yang digunakan di komputer pribadi. Sekarang, istilah DOS menjadi istilah generik bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dinyalakan.

Kelebihan :
-          DOS menampilkan program yang lebih "realistis" dibandingkan windows karena beberapa command dari windows itu sendiri mengadaptasi dari DOS (misalkan command virus untuk menyembunyikan attribut).
Kekurangan :
-          DOS masih menggunakan Command Line Interface.
-          Windows yang sekarang (NT Tech) tidak begitu kompatibel dengan program DOS, sebagai contoh apabila menjalankan program DOS tanpa lewat CMD, langsung ditutup sama Windowsnya.
 


1.     Microsoft Windows OS

Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.
Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.

Kelebihan :
  1. Didukung oleh standar industri Plug and Play yang dapat membantu guna menghindari kesulitan pada saat menambah perangkat keras baru.
  2. Tampilan grafik yang lebih menarik karena berbasiskan Graphical User interface (GUI).
  3. Fasilitas multithreading dan pre-emptive multitasking sehingga kinerja multitasking lebih reponsif. Dengan fasilitas ini beberapa program dapat dijalankan secara bersamaan.
  4. Banyak produk software yang mendukung sistem operasi ini.
  5. Dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dengan mengunakan modem.
  6. Pengguna akan lebih mudah menggunakannya tanpa perlu menghafal.
  7. Dengan SO ini suatu data dapat dipakai bersama dan dapat dipindahkan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan mudah.
Kelemahan :
  1. Membutuhkan perawatan yang terus menerus dan prosedur yang sesuai dengan panduan yang ada saat menggunakannya..
  2. Membutuhkan kecepatan prosesor yang tinggi.
  3. Rentan terhadap virus dan worm.
  4. Tidak ada sistem keamanan yang tangguh, kecuali MS Windows 2000 dan XP, pada MS Windows 9.x/Me.
  5. Space hardisk yang dibutuhkan besar.
  6. Harga lisenci mahal.
  7. Pada MS Windows (kecuali MS Windows 2000 yang lebih baik dibandingkan Win 9.x/Me) semakin banyak aplikasi yang diinstal, maka kemungkinan besar akan terjadi ngadat.
  8. Space hardisk yang dibutuhkan besar. 
  9.  Membutuhkan kecepatan prosesor yang begitu tinggi 
  10. Sistem file yg agak kacau
  11. Untuk mendapatkannya harus membeli 
  12. Rentan terkena virus                                               
 
1.     Unix OS

UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA).

Kelebihan :
  1. Portabilitas, sistem UNIX mudah diadaptasikan ke sistem komputer yang lain
  2. Multiuser, sejumlah pemakai (user) dapat menggunakan sistem secara bersamaan dan berbagi sumber seperti penggunaa printer, disk, dll.
  3. Multitasking, memungkinkan seseorang dapat melaksanakan beberapa tugas pada saat yang bersamaan
  4. Sistem file hirarkikal, pengorganisasian informasi atau data dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan diakses.
  5. Sistem file stabil untuk database, server Internet, Intranet, file-server, Internet-client pengembangan Java.
  6. Stabilitas yang terkenal dan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Windows NT.
  7. Telah tersedia sistem operasi Unix versi “hampir” gratis.
Kelemahan
Kekurangan :
  1. Visualisasinya tidak menarik.
  2. Memori yang digunakan besar.
  3. Masih belum banyaknya game-game besar yang bersedia dijalankan pada platform ini.
  4. Beberapa hardware sulit untuk menyediakan driver untuk Linux.
  5. Lebih sulit mengoperasikannya dibandingkan Windows.

2.      Linux OS
           
Pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvald. Merupakan sistem operasi open source artinya bisa dikembangkan oleh semua orang dengan bebas. Turunan linux atau yang dikenal dengan distro linux banyak sekali macamnya. Mungkin linux merupakan sistem operasi yang paling banyak. Beberapa di antaranya yaitu: Debian, Suse, Red Hat (Fedora), Slackware, Ubuntu, Backtrack, dan lain-lain

Kelebihan Linux :
-           Jika pada Linux, bisa berinteraksi dgn operating system lain dgn cara : Kompabilitas file system, network, & emulasi operating system.
-          Lisensi gratis
-           Virtual memory linux mempunyai kemampuan menjalankan program – program yg lebih dari seharusnya.
-          Didukung ribuan programmer – programmer seluruh dunia.
-          Bisa didapatkan secara gratis
-          Lebih stabil dan lebih tahan dari serangan virus
-          Aplikasi linux juga sudah lengkap
-          Linux lebih flexsibel dan reliable

 Kekurangan Linux :
-                Aplikasi yang tersedia belum begitu lengkap, tidak seperti di windows.
-                Operating system yang lumayan sulit untuk dipelajari.
-                Banyak pengguna yang belum terbiasa denganLinux dan masih ‘Windows minded’. Hal inidapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atauedukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.
-                Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux.Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya diLinux-Drivers.org atau LinuxHardware.org.
-                  Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bilaterkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD /DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harusmen-download satu per satu package yangdibutuhkan beserta dependencies-nya.
-                Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.


1.     Apple Machintosh OS
         
Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.

Kelebihan dari Macintosh/Mac OS :
·      Mac OS tidak mudah terkena virus.
·      Bisa melakukan semua hal yang hanya dilakukan di MAC.
·      OS yang lumayan begitu banyak peminatnya, khususnya para graphic designer.
·      Lebih stabil dan lebih tahan dari serangan virus sama dengan linux
·      Aplikasi lebih banyak dari linux
·      Tampilan indah dan eklusif

Kekurangan dari Macintosh/Mac OS:
·      Biaya (produk) mahal.
·     Tidak bisa digunakan dalam waktu yang bersamaan.
·     Hanya berguna bagi Graphic Designer.
·     Mac tidak bisa dirakit sendiri.
·    Softwarenya tidak begitu lengkap, dan kurang cocok bagi para gammers atau untuk bermain game, karena tampilannya kurang begitu menarik.


Perbedaan

1.    User Interface

Windows
Tidak banyak memiliki User Interface kecuali Windows vista

     Linux
Banyak memiliki User Interface, bisa memilih sesuai dengan kebutuhan spesifikasi Komputer.

     Macintosh
Sama seperti Windows, Juga tidak begitu banyak memiliki user interface seperti Linux.

2.    Keamanan dan Virus

Windows
Virus menjadi suatu yang menakutkan dan selalumengancam system operasi Windows. Sehinggadapat merusak data yang ada di windows.

    Linux
Virus bagi linux bukanlah sesuatu yang menakutkan bagi pengguna Sistem Operasi Linux,karena keamanan dilinux lebih kuat. Walaupun virus bisa saja masuk dan berkembang biak di linux.Namun Tidak membawa kerusakan yang besar.

3.    Spyware

Windows
Spyware adalah suatu masalah yang cukup umumdi dunia Windows. Biasanya program spywaremengamati, mengumpulkan dan mengirimkan dataAnda ke suatu server. Untuk hal yang lebih positif,program ini biasanya dipergunakan untuk keperluanmarketing. Sayangnya, ada juga yang berniat burukyaitu dengan mencuri identitas, kartu kredit, dan tindakan negatif lainnya.

B.   Instalasi dan Kelengkapan Program

Windows
Windows adalah sistem operasi, itu sebabnyaWindows tidak menyediakan banyak program setelah diinstal. Kalaupun ada mungkin Anda hanyaakan menemukan Internet Explorer, Media Player, Notepad, dan beberapa program kecil lainnya.

    Linux
Sekalipun Linux juga suatu sistem operasi, tetapiLinux didistribusikan dengan banyak programdidalamnya (itu sebabnya dikenal istilah distro – darikata distribusi – Linux). Setelah diinstal, Anda akanmenemui banyak aplikasi . Sebut saja kategori OfficeSuite, Multimedia (Sound, Video, Graphics), Internet(Browser, Email, Chat, Downloader, Messenger,Torrent, News), 3D, Games, Utility, dll.

C.   Konfigurasi Sistem

Windows
Windows dikenal kemudahan dalam pemakaiannya, karena hampir semua hal bisa dilakukan dengan sistem point n’ click yang sudah berbasis grafis.

    Linux
Di Linux, Anda mungkin sering mendengarperlunyamempelajari perintah-perintah secara manual di command line. belakangan Linux sudahmengalami perkembangan yang sangat pesat,sehingga hampir semua hal juga bisa anda lakukansama mudahnya seperti di Windows.

 

Categories:

One Response so far.

Leave a Reply